SUARA INDONESIA JAWA BARAT

Pemkot Bandung minta Seluruh pihak yang Terlibat dalam Angkutan Lebaran bisa Layani Masyarakat dengan Baik

Sugiyanto - 28 March 2024 | 11:03 - Dibaca 515 kali
Ekbis Pemkot Bandung minta Seluruh pihak yang Terlibat dalam Angkutan Lebaran bisa Layani Masyarakat dengan Baik
Sekda Kota Bandung, Hikmat Ginanjar. (Foto: Humas Bandung)

SUARA INDONESIA, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat meminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Angkutan Lebaran 2024 agar bisa melayani masyarakat dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Hikmat Ginanjar pada Rabu (27/3/2024).

Selain itu, kata Hikmat, Pemkot Bandung juga bertekad untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan bagi para pemudik selama musim mudik Lebaran Idul Fitri.

"Operasi angkutan lebaran mendatang harus disiapkan dengan benar dan teliti, supaya berjalan aman, nyaman dan selamat bagi masyarakat," katanya.

Ia berharap semua persiapan yang telah dilakukan oleh semua pihak yang terlibat bisa berdampak positif bagi masyarakat.

"Semoga persiapan yang telah dilakukan (oleh semua pihak yang terlibat) dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik," ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan akan mengerahkan sebanyak 706 personel untuk memantau operasi angkutan lebaran yang akan dilaksanakan pada H-7 hingga H+7 sebelum dan sesudah lebaran Idul Fitri.

Selain itu, kata Asep, pihaknya juga akan menggelar inspeksi keselamatan atau ramp check baik di Terminal Leuwipanjang maupun di Terminal Cicaheum, Kota Bandung pada 3-8 April 2024.

Pengawasan terhadap Angkutan Umum, kata Asep, juga akan diperketat di Pool Bus yang ada di Kota Bandung sejak 27 Maret sampai 2 April 2024. "Pengaturan lalu lintas akan dilakukan di 38 titik lokasi rawan kemacetan dengan pembagian dua shift pada jam 07.00 hingga 14.00 WIB dan jam 14.00 hingga 20.00 WIB," ujarnya menjelaskan.

Selain pengaturan lalu lintas, Pospam (Pos Pelayanan) lebaran akan ditempatkan di 10 titik lokasi strategis seperti Simpang Dago, (depan) Gedung Sate, dan Terminal Leuwipanjang dengan jadwal yang sama.

Dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal, kata Asep, Dishub Kota Bandung juga telah menyiapkan fasilitas pendukung di Terminal Leuwipanjang diantaranya yakni ruang tunggu dan ruang kesehatan yang bekerjasama dengan pihak Dinkes (Dinas Kesehatan) Kota Bandung dengan menyediakan tenaga kesehatan, mobil Ambulans serta perlengkapan medis termasuk alat tes urine bagi para pemudik.

Selain itu, lanjutnya, Dishub Kota Bandung juga akan menyediakan fasilitas pendukung perlengkapan jalan saat arus mudik maupun arus balik lebaran.

Asep menambahkan, pada tanggal 6 April 2024 mendatang, akan ada pemberangkatan program mudik gratis dari Terminal Cicaheum ke sejumlah kota tujuan. **

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya