SUARA INDONESIA JAWA BARAT

Jelang Lebaran Pemudik di Jalur Cibiru-Cileunyi Mulai Terlihat, Polisi Turun Jalan

Sugiyanto - 30 March 2024 | 19:03 - Dibaca 608 kali
News Jelang Lebaran Pemudik di Jalur Cibiru-Cileunyi Mulai Terlihat, Polisi Turun Jalan
Personel Satlantas Polresta Bandung, Aiptu Asep, saat melakukan pengaturan lalu lintas di depan Ampera, Jalan Raya Cinunuk, Kabupaten Bandung, Sabtu (29/3/2024) sore. (Foto: Sugiyanto/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BANDUNG - Jelang Idul Fitri 1445 Hijriyah, para pemudik di jalur Cibiru-Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sudah mulai terlihat, Sabtu (29/3/2024) sore.

Pantauan di lapangan pukul 15.53 WIB, para pemudik yang melintas jalur Cibiru-Cileunyi ini, masih didominasi oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Hal itu terlihat dari barang bawaan yang mereka bawa mulai dari tas hingga kardus yang berisikan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Para pemudik menuju berbagai daerah seperti Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Indramayu ataupun daerah lainnya.

Untuk memperlancar arus lalu lintas (lalin), sejumlah personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung, mulai turun jalan. Mereka melakukan pengaturan lalu lintas di jalur Cibiru-Cileunyi.

"Untuk situasi kemacetan relatif (karena) roda kendaraan berputar terus, jadi tidak ada sendatan kendaraan bergulir terus," kata Aiptu Asep, personel Satlantas Polresta Bandung, saat ditemui di depan Ampera, Jalan Raya Cinunuk, Kabupaten Bandung.

Ia mengimbau kepada warga yang ingin melakukan perjalanan mudik agar tidak memaksakan diri menggunakan kendaraan roda dua. Apalagi saat ini, sudah disediakan program mudik gratis baik itu dari kepolisian, pemerintah maupun pihak lainnya.

"Kalau bisa jangan naik kendaraan roda dua. (Mending) naik bus, kan sudah disediakan program mudik gratis," sarannya.

Ia juga mengimbau kepada warga, terutama bagi para pengendara agar selalu waspada dan tetap berhati-hati. "Patuhi aturan lalu lintas demi keselamatan (untuk diri maupun pengguna jalan lainnya)," pungkasnya.

Sementara itu, untuk pengamanan arus mudik maupun arus balik Lebaran dalam Operasi Ketupat Lodaya 2024, polisi sudah mulai mendirikan baik itu pos pengamanan (pospam) maupun pos pelayanan (posyan) di berbagi titik, seperti yang terpantau di Bundaran Cibiru, Kota Bandung.

Sementara itu, Satlantas Polresta Bandung juga sudah mulai mendirikan pospam, posyan dan pos terpadu. Pos terpadu ini berada di dekat gerbang tol (GT) Cileunyi. Satlantas Polresta Bandung juga mendirikan salah satu pospam di Cikaledong, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya