SUARA INDONESIA JAWA BARAT

Festival Durian Pertama di Bandung, Modal Rp 100 Ribu Pengungjung Bisa Makan Sepuasnya

Sugiyanto - 23 February 2024 | 20:02 - Dibaca 842 kali
News Festival Durian Pertama di Bandung, Modal Rp 100 Ribu Pengungjung Bisa Makan Sepuasnya
Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama istri saat menikmati durian di Lapangan Plaza Upakarti Kompleks Pemkab Bandung, Soreang, Jumat (23/2/2024). (Foto: Tangkapan layar akun Instagram @dadangsupriatna)

SUARA INDONESIA, BANDUNG - Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menggelar Festival Durian, di Lapangan Plaza Upakarti Kompleks Pemkab Bandung, Soreang, Jumat (23/2/2024).

Warga Kabupaten Bandung begitu antusias datang ke Lapangan Plaza Upakarti untuk menikmati Festival Durian yang pertama kalinya digelar oleh Pemkab Bandung.

Tak hanya warga, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Bandung juga tak mau ketinggalan untuk menikmati Festival Durian tersebut.

Dalam acara Festival Durian tersebut, Pemkab Bandung juga melibatkan para pedagang, pelaku UMKM dan wisatawan dengan mengusung tema 'Bisnis dan Edukasi Durian Alangkah Senangnya (BEDAS)'.

Hanya dengan membayar Rp100.000 per orang, pengunjung dan peserta Festival Durian bisa makan durian dengan sepuasnya.

Selain menggelar Festival Durian, Dinas Pertanian juga menyampaikan berbagai sosialisasi, baik itu terkait investasi kebun durian, teknik pemilahan buah durian, lelang buah durian, dan tentu saja ada banyak stan durian.

Selain menjual durian, juga ada pula stan bibit durian unggulan, aneka olahan durian, dan lomba olahan durian untuk PKK dan DWP.

Festival Durian yang pertama kalinya tersebut juga turut dihadiri Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi istrinya Emma Dety Bunda BEDAS dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Ningning Hendasah.

Dadang Supriatna mengapresiasi para petani durian di Kabupaten Bandung. Menurutnya, bahwa produksi durian di Kabupaten Bandung akhir-akhir ini terbilang melonjak.

"Durian (dari) petani Kabupaten Bandung rasanya enak dan nikmat" ucap Dadang Supriatna.

"Insya Allah, ke depan akan bikin show window khusus durian sehingga wisatawan mampir menikmati durian yang produksinya alhamdulillah melonjak," ujarnya menambahkan.

Ia pun berencana akan mengembangkan budidaya atau pertanian durian yang dinilai dapat mendongkrak ekonomi khususnya di Kabupaten Bandung.

"Mudah-mudahan BEDAS Festival Durian ini bisa membuka cakrawala bisnis durian hingga mancanegara. Insya Allah, kita akan terus memberikan informasi kepada publik termasuk media dan akhirnya durian Kabupaten Bandung bisa terkenal di dunia," ujarnya.

Selain itu, kata Dadang, kegiatan BEDAS Festival Durian ini juga akan digelar sekali dalam setiap tahun.

"Festival Durian ini (akan) kita suguhkan kepada para tamu yang mau datang ke Kabupaten Bandung," katanya. (*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya