SUARA INDONESIA JAWA BARAT

Keindahan dan Sejarah Klenteng Poo Tong Biaw di Situbondo

Aditya - 16 June 2024 | 22:06 - Dibaca 1.70k kali
Wisata Keindahan dan Sejarah Klenteng Poo Tong Biaw di Situbondo
Klenteng Poo Tong Biaw di Situbondo/(instagram/@titd_tikliongtian_rogojampi)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Klenteng Poo Tong Biaw, atau yang juga dikenal sebagai Klenteng Poo Tong Biao, adalah salah satu tempat bersejarah yang menjadi kebanggaan masyarakat Situbondo, Jawa Timur.

Dibangun pada tahun 1854, klenteng ini tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi penganut agama Buddha, tetapi juga menjadi saksi bisu perjalanan sejarah yang panjang.

Klenteng Poo Tong Biaw memiliki sejarah yang kaya dan menarik. Didirikan pada pertengahan abad ke-19, klenteng ini telah melewati berbagai zaman dan tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

Bangunan klenteng ini mencerminkan arsitektur tradisional Tionghoa yang artistik dan memukau, dengan ornamen-ornamen khas yang menghiasi setiap sudutnya.

Salah satu daya tarik utama Klenteng Poo Tong Biaw adalah arsitekturnya yang megah dan artistik.

Setiap detail bangunan ini dibuat dengan penuh ketelitian, mulai dari patung-patung dewa, ukiran kayu yang rumit, hingga lukisan dinding yang penuh warna.

Tidak heran jika klenteng ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang tertarik dengan seni dan budaya Tionghoa.

Klenteng Poo Tong Biaw terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah diakses oleh para wisatawan.

Berada di kawasan yang tenang dan asri, klenteng ini menawarkan suasana yang damai dan menenangkan, cocok untuk beribadah maupun sekedar menikmati keindahan arsitektur.

Salah satu kelebihan Klenteng Poo Tong Biaw adalah tidak dikenakannya biaya masuk alias gratis.

Selain itu, klenteng ini buka selama 24 jam, sehingga pengunjung bisa datang kapan saja sesuai dengan waktu yang mereka inginkan.

Hal ini menjadikan Klenteng Poo Tong Biaw sebagai destinasi wisata yang sangat ramah bagi semua kalangan.

Mengunjungi Klenteng Poo Tong Biaw bukan hanya soal menikmati keindahan arsitektur, tetapi juga tentang menghargai sejarah dan budaya yang terkandung di dalamnya.

Setiap sudut klenteng ini bercerita tentang nilai-nilai spiritual dan tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Pengunjung dapat merasakan atmosfer yang sakral dan penuh makna, yang jarang ditemukan di tempat lain.

Klenteng Poo Tong Biaw adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berada di Situbondo.

Dengan sejarah panjang yang dimilikinya, keindahan arsitektur, serta akses yang mudah dan gratis, klenteng ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Klenteng Poo Tong Biaw dan menyelami kekayaan budaya Tionghoa yang ada di dalamnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya